BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada tahun
1980an, seorang ahli kimia asal Taiwan yang dikenal dengan nama ‘DHT’
mengembangkan sebuah produk kecantikan di rumahnya, yaitu produk pelurus rambut
yang kemudian menjadi sensasi di pasaran. Ia menamakan produk tersebut
Makarizo Rebonding System. Dengan demikian, lahirlah brand Makarizo. Kata
'makarizo' sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “menerima
berkat”. Seiring dengan berkembangnya pasar, DHT pun melebarkan bisnisnya
ke Indonesia dan mendirikan pabrik serta kantor penjualan Makarizo di ibukota
negara tersebut.
Pabrik
Makarizo tersebut bertempat di Pulo Gadung, sementara kantor penjualan dan
pemasaran bertempat di area Cempaka Putih, tidak jauh dari pabrik. Tak
lama kemudian, produk-produk lain mulai dikembangkan, antara lain Smart Waves
dan EXO untuk pengeritingan. Selanjutnya, produk-produk treatment dan hair
care pun turut dikembangkan di bawah brand Makarizo Advisor.
Karena produk
Makarizo yang didistribusikan di salon-salon seluruh Indonesia semakin banyak,
maka diambillah langkah besar selanjutnya yaitu membuat produk Makarizo
tersedia di luar salon seperti toko kosmetik, supermarket, dan apotek.
Untuk membantu distribusi produk Makarizo di luar salon, divisi konsumen pun
dibentuk pada tahun 2005.
Kesuksesan
brand dan produk di pasar domestik mendorong Makarizo untuk memasuki pasar
global. Makarizo pun mulai didistribusikan di Malaysia, Singapura, Timor Timur,
Mongolia, Australia, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Jerman. Baru-baru ini,
Makarizo sukses membuka jalur distribusi ke Korea Selatan. Saat ini bisnis
Makarizo telah diakui secara internasional dan terdaftar dengan nama Marlene
Kosmetik, GmBH di Berlin, Jerman.
Pada bulan
Oktober 2010, PT Akasha Wira International Tbk membeli brand Makarizo dari PT
Damai Sejahtera Mulia – perusahaan lokal yang dimiliki oleh DHT yang juga
memegang hak atas brand Makarizo sejak awal. Dengan perusahaan baru ini,
brand Makarizo mendapatkan kembali kekuatannya dan pada tahun 2013 membuka
kantor penjualan dan pemasaran internasional resmi di Selangor, Malaysia. Kini,
Makarizo telah menjadi pemain nomor satu dalam dunia produk kecantikan
Indonesia dengan visi menjadi salah satu pemain kunci di kancah
internasional.
Visi
Visi Makarizo adalah Menjadi perusahaan kosmetik-rambut terbaik di dunia. Dengan terus menerus menjalankan riset dan pengembangan atas produk dan teknologi yang dimiliki,dapat bermanfaat bagi para pelanggan, para pengusaha/professional salon, agar sukses dalam menjalankan bisnisnya. Bersama para karyawan yang handal, serta dengan struktur keuangan yang sehat, mengendalikan pertumbuhan perusahaan secara efektif dan efisien.
Visi Makarizo adalah Menjadi perusahaan kosmetik-rambut terbaik di dunia. Dengan terus menerus menjalankan riset dan pengembangan atas produk dan teknologi yang dimiliki,dapat bermanfaat bagi para pelanggan, para pengusaha/professional salon, agar sukses dalam menjalankan bisnisnya. Bersama para karyawan yang handal, serta dengan struktur keuangan yang sehat, mengendalikan pertumbuhan perusahaan secara efektif dan efisien.
Misi
Misi Makarizo adalah turut serta memberikan kontribusi atas peningkatan kualitas kehidupan manusia di seluruh dunia, yaitu dengan cara menyediakan produk-produk kosmetik-rambut yang bermutu tinggi dari hasil riset dan pengembangan yang di lakukan.
mewujudkan misi ini dengan cara mengerahkan segala daya kreatif dan inovasi, untuk mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan dan memiliki nilai unggul di mata para pelanggan.
Dengan
komitmen penuh atas misi ini, seluruh karyawan bekerja-sama dalam suatu
koordinasi yang produktif, guna mempertahankan kepercayaan dan kesetiaan
pelanggan, yakni para Pengusaha/Professional salon diseluruh dunia.
Tujuan
Tujuan Makarizo mengembangkan berbagai macam produk Perawatan Rambut yang akan sangat berguna bagimu. Berbagai macam masalah rambut dapat diberikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya
Tujuan Makarizo mengembangkan berbagai macam produk Perawatan Rambut yang akan sangat berguna bagimu. Berbagai macam masalah rambut dapat diberikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya
BAB II
PEMBAHASAN
Produk
Makarizo merupakan
produk Perawatan Rambut yang
dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut dapat kami berikan solusinya.
Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah
rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai
macam masalah lainnya. Produk-produk yang dihasilkan antara lain :
1.
Makarizo Shampo
2.
Makarizo Hair Mask
3.
Makarizo Rebonding
4.
Makarizo Conditioner
5.
Makarizo Hair Vitamin
People
Orang-orang yang
berperan dalam perkembangan makarizo yaitu penemu makariso DHT beserta
karyawannya mulai dari bagian produksi hingga bagian distribusi maupun
pemasaran, tidak hanya karyawan saja akan tetapi para hair staylish salon juga
ikut berperan dalam memasarkan produk Makarizo sehingga mampu diterima di
kalangan masyarakat.
Price
Untuk harga Makarizo memang
sedikit diatas harga rata-rata produk yang dijual dipasaran, namun harga yang
diberikan juga sesuai dengan hasil yang diberikan. Harganya mulai 1.000 untuk
shampo sachet dansampai 200 ribuan untuk produk kecantikan lainnya, Sebenarya
kalau mau membeli sendiri di toko kecantikan atau minimarket yang menyediakan
produk Makarizo ini harganya lebih murah dari pada di salon, karena kita tidak
perlu mengeluarkan uang lebih untuk perawatan di salon kita bisa melakukannya
sendiri dirumah.
Place
Dulu memang agak sulit
untuk menemukan produk Makarizo ini dipasaran, karena produk ini tidak dijual
disembarang tempat, produk ini hanya dijual di toko-toko tertentu seperti toko
kecantikan, namun sekarang sangat mudah untuk menemukan produk Makarizo karena
produk ini sudah mulai dipasarkan di minimarket dan salon-salon kecantikan.
Promotion
Makarizo memiliki tak
kurang dari 11 Hair Studio yang tersebar di kota-kota besar.
“Makarizo Salon Tour
Indonesia.” Melalui program berbentuk seminar dan hair show
Makarizo mendatangi
sekitar 1.000 salon dalam setahun. Lokakarya bertajuk Makarizo Salon Tour
Indonesia (MSTI) digelar di berbagai kota
Process
Makarizo di Indonesia
memang dikenal dengan produk pelurus rambutnya. istilah rebonding pun pertama
kali dipopularkan oleh Makarizo. Kini produk Makarizo berkembang ke berbagai
produk perawatan rambut, mulai dari shampoo, vitamin, masker, pewarna, penguat
warna, spa, dan produk perawatan rambut lainnya.
Promosi
1.
Iklan Tv
2.
PR ( Public Relation)
3.
Program “Makarizo Salon Tour Indonesia.”
Melalui program berbentuk seminar dan hair show tersebut, Makarizo mencoba
memperkenalkan dan mendekatkan diri dengan customer. Paling anyar, Makarizo
baru saja keliling ke-52 kota di Tanah Air.
4.
Masuk ke sekolah-sekolah salon
kecantikan
5.
Sebagai langkah mengikat emosi dan
loyalitas customer-nya, Makarizo pun memiliki program Quantum.
6.
Membenahi distribusi dengan merangsek kepasar
tradisional dan modern channel.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Makarizo merupakan
produk kecantikan, namun dikalangan masyarakat makarizo lebih terkenal sebai
obat pelurus rambut, karena makarizo merupakan tren rebonding atau pelurus
rambut pertama yang diciptakan oleh HD, awalnya makarizo tidak banyak dikenal
masyarakat karena hanya dapat ditemukan di toko kosmetik dan salon kecantikan,
namun seiring berjalan waktu dan majunya teknologi kini makarizo mulai dikenal
banyak masyarakat, bahkan peminatnyapun masih banyak walaupun banyak pula
produk lain yang muncul, namun dengan penanganan karyawan dan kwalitas produk
yang diberikan makarizo s ampai sekarang masaih diminati.
0 komentar:
Posting Komentar