Rabu, 03 Februari 2016

Marketing Mix And Promotion Mix Makarizo



 BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada tahun 1980an, seorang ahli kimia asal Taiwan yang dikenal dengan nama ‘DHT’ mengembangkan sebuah produk kecantikan di rumahnya, yaitu produk pelurus rambut yang  kemudian menjadi sensasi di pasaran. Ia menamakan produk tersebut Makarizo Rebonding System.  Dengan demikian, lahirlah brand Makarizo. Kata 'makarizo' sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “menerima berkat”.  Seiring dengan berkembangnya pasar, DHT pun melebarkan bisnisnya ke Indonesia dan mendirikan pabrik serta kantor penjualan Makarizo di ibukota negara tersebut.
Pabrik Makarizo tersebut bertempat di Pulo Gadung, sementara kantor penjualan dan pemasaran bertempat di area Cempaka Putih, tidak jauh dari pabrik.  Tak lama kemudian, produk-produk lain mulai dikembangkan, antara lain Smart Waves dan EXO untuk pengeritingan. Selanjutnya, produk-produk treatment dan hair care pun turut dikembangkan di bawah brand Makarizo Advisor.
Karena produk Makarizo yang didistribusikan di salon-salon seluruh Indonesia semakin banyak, maka diambillah langkah besar selanjutnya yaitu membuat produk Makarizo tersedia di luar salon seperti toko kosmetik, supermarket, dan apotek.  Untuk membantu distribusi produk Makarizo di luar salon, divisi konsumen pun dibentuk pada tahun 2005.
Kesuksesan brand dan produk di pasar domestik mendorong Makarizo untuk memasuki pasar global. Makarizo pun mulai didistribusikan di Malaysia, Singapura, Timor Timur, Mongolia, Australia, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Jerman. Baru-baru ini, Makarizo sukses membuka jalur distribusi ke Korea Selatan. Saat ini bisnis Makarizo telah diakui secara internasional dan terdaftar dengan nama Marlene Kosmetik, GmBH di Berlin, Jerman.
Pada bulan Oktober 2010, PT Akasha Wira International Tbk membeli brand Makarizo dari PT Damai Sejahtera Mulia – perusahaan lokal yang dimiliki oleh DHT yang juga memegang hak atas brand Makarizo sejak awal.  Dengan perusahaan baru ini, brand Makarizo mendapatkan kembali kekuatannya dan pada tahun 2013 membuka kantor penjualan dan pemasaran internasional resmi di Selangor, Malaysia. Kini, Makarizo telah menjadi pemain nomor satu dalam dunia produk kecantikan Indonesia dengan visi menjadi salah satu pemain kunci di kancah internasional. 
Visi
Visi Makarizo adalah Menjadi perusahaan kosmetik-rambut terbaik di dunia. Dengan terus menerus menjalankan riset dan pengembangan atas produk dan teknologi yang dimiliki,dapat bermanfaat bagi para pelanggan, para pengusaha/professional salon, agar sukses dalam menjalankan bisnisnya. Bersama para karyawan yang handal, serta dengan struktur keuangan yang sehat, mengendalikan pertumbuhan perusahaan secara efektif dan efisien.


Misi
Misi Makarizo adalah turut serta memberikan kontribusi atas peningkatan kualitas kehidupan manusia di seluruh dunia, yaitu dengan cara menyediakan produk-produk kosmetik-rambut yang bermutu tinggi dari hasil riset dan pengembangan yang di lakukan.
mewujudkan misi ini dengan cara mengerahkan segala daya kreatif dan inovasi, untuk mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan dan memiliki nilai unggul di mata para pelanggan. 
Dengan komitmen penuh atas misi ini, seluruh karyawan bekerja-sama dalam suatu koordinasi yang produktif, guna mempertahankan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan, yakni para Pengusaha/Professional salon diseluruh dunia.
Tujuan
Tujuan Makarizo mengembangkan berbagai macam produk Perawatan Rambut yang akan sangat berguna bagimu. Berbagai macam masalah rambut dapat diberikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya





BAB II
PEMBAHASAN
Produk
Makarizo merupakan produk Perawatan Rambut yang dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut dapat kami berikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya. Produk-produk yang dihasilkan antara lain :
1.      Makarizo Shampo
2.      Makarizo Hair Mask
3.      Makarizo Rebonding
4.      Makarizo Conditioner
5.      Makarizo Hair Vitamin

People
Orang-orang yang berperan dalam perkembangan makarizo yaitu penemu makariso DHT beserta karyawannya mulai dari bagian produksi hingga bagian distribusi maupun pemasaran, tidak hanya karyawan saja akan tetapi para hair staylish salon juga ikut berperan dalam memasarkan produk Makarizo sehingga mampu diterima di kalangan masyarakat.
Price
Untuk harga Makarizo memang sedikit diatas harga rata-rata produk yang dijual dipasaran, namun harga yang diberikan juga sesuai dengan hasil yang diberikan. Harganya mulai 1.000 untuk shampo sachet dansampai 200 ribuan untuk produk kecantikan lainnya, Sebenarya kalau mau membeli sendiri di toko kecantikan atau minimarket yang menyediakan produk Makarizo ini harganya lebih murah dari pada di salon, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk perawatan di salon kita bisa melakukannya sendiri dirumah.

Place
Dulu memang agak sulit untuk menemukan produk Makarizo ini dipasaran, karena produk ini tidak dijual disembarang tempat, produk ini hanya dijual di toko-toko tertentu seperti toko kecantikan, namun sekarang sangat mudah untuk menemukan produk Makarizo karena produk ini sudah mulai dipasarkan di minimarket dan salon-salon kecantikan.
Promotion
Makarizo memiliki tak kurang dari 11 Hair Studio yang tersebar di kota-kota besar.
“Makarizo Salon Tour Indonesia.” Melalui program berbentuk seminar dan hair show
Makarizo mendatangi sekitar 1.000 salon dalam setahun. Lokakarya bertajuk Makarizo Salon Tour Indonesia (MSTI) digelar di berbagai kota
Process
Makarizo di Indonesia memang dikenal dengan produk pelurus rambutnya. istilah rebonding pun pertama kali dipopularkan oleh Makarizo. Kini produk Makarizo berkembang ke berbagai produk perawatan rambut, mulai dari shampoo, vitamin, masker, pewarna, penguat warna, spa, dan produk perawatan rambut lainnya.
Promosi
1.      Iklan Tv
2.      PR ( Public Relation)
3.      Program “Makarizo Salon Tour Indonesia.” Melalui program berbentuk seminar dan hair show tersebut, Makarizo mencoba memperkenalkan dan mendekatkan diri dengan customer. Paling anyar, Makarizo baru saja keliling ke-52 kota di Tanah Air.
4.      Masuk ke sekolah-sekolah salon kecantikan
5.      Sebagai langkah mengikat emosi dan loyalitas customer-nya, Makarizo pun memiliki program Quantum.
6.       Membenahi distribusi dengan merangsek kepasar tradisional dan modern channel.


  
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Makarizo merupakan produk kecantikan, namun dikalangan masyarakat makarizo lebih terkenal sebai obat pelurus rambut, karena makarizo merupakan tren rebonding atau pelurus rambut pertama yang diciptakan oleh HD, awalnya makarizo tidak banyak dikenal masyarakat karena hanya dapat ditemukan di toko kosmetik dan salon kecantikan, namun seiring berjalan waktu dan majunya teknologi kini makarizo mulai dikenal banyak masyarakat, bahkan peminatnyapun masih banyak walaupun banyak pula produk lain yang muncul, namun dengan penanganan karyawan dan kwalitas produk yang diberikan makarizo s ampai sekarang masaih diminati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
cemplonjalanjalan Blogger Template by Ipietoon Blogger Template