Rabu, 03 Februari 2016

Analisis Strategi perusahaan makarizo



MAKALAH ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN
ANALISIS STRATEGI MAKARIZO



 



Laporan ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas StrategiPerencanaan PR


Disusun Oleh :
Nama                         : Fitri Septiyan Ratnasari
NIM                          : C13030
Program Studi           : Komunikasi Massa





POLITEKNIK IND¥NUSA SURAKARTA
2015


1.       Profil Makarizo
Pada tahun 1980an, seorang ahli kimia asal Taiwan yang dikenal dengan nama ‘DHT’ mengembangkan sebuah produk kecantikan di rumahnya, yaitu produk pelurus rambut yang  kemudian menjadi sensasi di pasaran. Ia menamakan produk tersebut Makarizo Rebonding System.  Dengan demikian, lahirlah brand Makarizo. Kata 'makarizo' sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “menerima berkat”.  Seiring dengan berkembangnya pasar, DHT pun melebarkan bisnisnya ke Indonesia dan mendirikan pabrik serta kantor penjualan Makarizo di ibukota negara tersebut.
Pabrik Makarizo tersebut bertempat di Pulo Gadung, sementara kantor penjualan dan pemasaran bertempat di area Cempaka Putih, tidak jauh dari pabrik.  Tak lama kemudian, produk-produk lain mulai dikembangkan, antara lain Smart Waves dan EXO untuk pengeritingan. Selanjutnya, produk-produk treatment dan hair care pun turut dikembangkan di bawah brand Makarizo Advisor.
Karena produk Makarizo yang didistribusikan di salon-salon seluruh Indonesia semakin banyak, maka diambillah langkah besar selanjutnya yaitu membuat produk Makarizo tersedia di luar salon seperti toko kosmetik, supermarket, dan apotek.  Untuk membantu distribusi produk Makarizo di luar salon, divisi konsumen pun dibentuk pada tahun 2005.
Kesuksesan brand dan produk di pasar domestik mendorong Makarizo untuk memasuki pasar global. Makarizo pun mulai didistribusikan di Malaysia, Singapura, Timor Timur, Mongolia, Australia, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Jerman. Baru-baru ini, Makarizo sukses membuka jalur distribusi ke Korea Selatan. Saat ini bisnis Makarizo telah diakui secara internasional dan terdaftar dengan nama Marlene Kosmetik, GmBH di Berlin, Jerman.

Pada bulan Oktober 2010, PT Akasha Wira International Tbk membeli brand Makarizo dari PT Damai Sejahtera Mulia – perusahaan lokal yang dimiliki oleh DHT yang juga memegang hak atas brand Makarizo sejak awal.  Dengan perusahaan baru ini, brand Makarizo mendapatkan kembali kekuatannya dan pada tahun 2013 membuka kantor penjualan dan pemasaran internasional resmi di Selangor, Malaysia. Kini, Makarizo telah menjadi pemain nomor satu dalam dunia produk kecantikan Indonesia dengan visi menjadi salah satu pemain kunci di kancah internasional. 
Visi

Visi Makarizo adalah Menjadi perusahaan kosmetik-rambut terbaik di dunia. Dengan terus menerus menjalankan riset dan pengembangan atas produk dan teknologi yang dimiliki,dapat bermanfaat bagi para pelanggan, para pengusaha/professional salon, agar sukses dalam menjalankan bisnisnya. Bersama para karyawan yang handal, serta dengan struktur keuangan yang sehat, mengendalikan pertumbuhan perusahaan secara efektif dan efisien.

Misi

Misi Makarizo adalah turut serta memberikan kontribusi atas peningkatan kualitas kehidupan manusia di seluruh dunia, yaitu dengan cara menyediakan produk-produk kosmetik-rambut yang bermutu tinggi dari hasil riset dan pengembangan yang di lakukan.
mewujudkan misi ini dengan cara mengerahkan segala daya kreatif dan inovasi, untuk mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan dan memiliki nilai unggul di mata para pelanggan. 
Dengan komitmen penuh atas misi ini, seluruh karyawan bekerja-sama dalam suatu koordinasi yang produktif, guna mempertahankan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan, yakni para Pengusaha/Professional salon diseluruh dunia.
Tujuan
Tujuan Makarizo mengembangkan berbagai macam produk Perawatan Rambut yang akan sangat berguna bagimu. Berbagai macam masalah rambut dapat diberikan solusinya. Baik untuk perawatan rambut normal hingga untuk perbaikan rambut yang telah rusak ataupun telah mengalami penuaan, untuk masalah ketombe, dan berbagai macam masalah lainnya





2. Pendekatan Makarizo kepada karyawan
1. Merombak SDM dengan cara menggabungkan karyawan lama dan merekrut sejumlah tenaga kerja marketing yang qualified di bidang pemasaran produk kecantikan.
2. Bersama tim menentukan arah bisnis Business To Business (B2B)
3.  Membenahi marketing / penjualan dengan menekankan bagaimana strategi melahirkan tren rambut .
4.  Untuk menjaga loyalitas klien dari kalangan salon diadakan lomba kreasi tata rambut dari para hairdresser.
5.  Memberikan training rutin kepada tenaga penjual
6. Memberikan training untuk mengembangkan skill karyawan .
7.  Memacu creator agar rutin meluncurkan 2-3 brand baru tiap tahun.
8. Mendirikan Makarizo Hair Studio sebagai tempat latihan salon – salon kecantikan.
9.  Ekspansi ke pasar ritel.
10.  Membenahi distribusi dengan merangsek kepasar tradisional dan modern channel.
11. Segera berekpansi dengan meluncurkan produk kecantikan untuk kulit.
12. Bercita –cita menjadikan makarizo sebagai global player yang tumbuh bersama mitra kerja dan membahagiakan karyawan.

 3. Dampak strategi pendekatan terhadap kinerja karyawan
1.      Terjalin hubungan yang baik antara atasan dan karyawan
2.      Karyawan merasa diperhatikan, sehingga karyawan semangat dalam bekerja.
3.      Produk makariso sudah mulai dikenal luas dikalangan masyarakat, berkat kerja tim dan pengarahan dari atasan.
4.      Karyawan lebih pintar dan sabar dalam menangani konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

 
cemplonjalanjalan Blogger Template by Ipietoon Blogger Template