PROPOSAL RISET
KHALAYAK
PROGRAM
ACARA TV “SANTAP LAHAP”
DI
SURAKARTA
Laporan ini Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Riset Khalayak
Dosen Pengampu : Markus
Utomo S, M.I.Kom
Di susun oleh :
Fitri Septiyan Ratnasari (C13030)
Feri Yadi Pratama (C13024)
POLITEKNIK IND¥NUSA SURAKARTA
2016
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Televisi saat ini adalah sarana
elektronik yang paling digemari dan dicari orang. Untuk mendapatkan televisi
tidak lagi sesusah zaman dahulu di mana perangkat komunikasi ini adalah barang
yang langka dan hanya kalangan tertentu yang sanggup memilikinya. Saat ini
televisi telah menjangkau lebih dari 90% penduduk di negara berkembang.
Televisi yang dulu mungkin hanya menjadi konsumsi kalangan dan umur tertentu, saat
ini bisa dinikmati dan sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan tanpa batasan
usia. Siaran-siaran televisi akan memanjakan orang-orang pada saat luang
seperti saat liburan, sehabis bekerja, bahkan dalam suasana sedang bekerjapun
orang-orang masih menyempatkan diri untuk menonton televisi. Suguhan acara yang
variatif dan menarik membuat orang tersanjung untuk meluangkan waktunya duduk
di depan televisi. Namun, di balik itu semua dengan dan tanpa disadari televisi
telah memberikan banyak pengaruh negatif dalam kehidupan manusia baik anak-anak
maupun orang dewasa. Kita harus berhati-hati sebab televisi selain bisa menjadi
teman yang baik, bisa juga menjadi musuh yang menghanyutkan. Dalam sebuah survei
yang dilakukan lebih dari setengah anak-anak di AS mempunyai televisi di kamar
mereka. Usia remaja paling banyak menonton televisi di kamar dan hampir
sepertiga anak-anak pra sekolah mempunyai televisi di kamar mereka dan
menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton televisi. Televisi juga mempunyai dampak negative dalam bidang
kuliner, seiring banyaknya televisi yang menyiarkan berita tentang kuliner
manca negara seperti: Ala Chef, Master Chef, Hell’s Kitchen beberapa acara
tersebut menyiarkan berita tentang kuliner manca negara sehingga kini kuliner
daerah mulai tersisihkan.
Analisis SWOT meliputi pengaruh factor
internal dan eksternal bagi stasiun televisi. Faktor internal terdiri dari dari
Strength dan Weakness, sedangkan factor eksternal terdiri dari Opportunities
dan Threath. Berikut ini adalah analisis SWOT dari Santap Lahap:.
-
Strength (Kekuatan)
Acara ini
mengusung tema kuliner tradisional, minimnya penjual makanan tradisional
membuat makanan tradisional semakin diminati, bahkan orang rela antri
berjam-jam untuk membelinya.
-
Weakness (Kelemahan)
Semakin
menjamurnya makanan luar negeri seperti hot dog, burger, kebab yang kini mudah
ditemukan dipinggir-pinggir jalan dan harganya juga terjangkau oleh masyarakat.
-
Opportunities (Peluang)
Acara ini merupakan
salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan referensi bagi peminat kuliner tradisonal, yang
notabennya kuliner daerah kini mulai susah ditemukan.
-
Threath (Ancaman)
Acara ini bukan satu-satunya acara kuliner televisi, masih banyak acara-acara kuliner yang
menghadirkan menu daerah seperti wisata yang menggandeng host bondan, dan acara
kuliner yang menggandeng host orang luar negeri dan acaranya pun kuliner luar
negeri.
- Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
diuraikan diatas, maka kelompok kami membuat perumusan masalah “Bagaimana
mengemas progam acara Televisi agar menarik
untuk ditonton oleh masyarakat solo?”
C. Pembatasan Masalah
Santap lahap, acara kuliner daerah.
- Tujuan Progam Acara
Tujuan dibuatnya progam acara televisi dengan tema Kuliner Daerah ini adalah untuk mengangkat kuliner di daerah-daerah khususnya di
solo dan memberi reverensi kuliner bagi masyarakat solo.
- Manfaat Program Acara
1. Manfaat bagi Produser
·
Produser televisi dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama
perkuliahan di Politeknik Indonusa Surakarta.
·
Produser televisi dapat memberikan acara televisi yang bermanfaat bagi
penonton
2. Manfaat bagi Penonton
·
Penonton televisi dapat melihat acara televisi yang bermanfaat
·
Penonton dapat mengetahui referansi kuliner daerah.
- Deskripsi Progam
1. Format Progam :
Acara Kuliner Tradisional
2. Judul :
Santap Lahap
3. Target Audience :
Masyarakat Solo ( ibu-ibu usia:
25-60 tahun )
4. Status Ekonomi Sosial : Semua Kalangan
5. Jam Tayang : 08.00-09.00WIB
BAB
II
DESKRIPSI
PROGRAM ACARA
A.
Deskripsi
Program Acara Santap Lahap
Santap Lahap merupakan program acara
televisi yang menayangkan kuliner daerah yang mulai tergeser oleh kuliner luar
negeri. Dalam satu bulan terdapat empat minggu, program acara ini dibuat seminggu
sekali setiap hari Minggu.Program acara ini akan menampilkan host orang luar
negeri yang berdomisili diindonesia dan mencintai produk indonesia termasuk
kuliner daerah, tidak hanya itu host juga akan menggunakan pakaian adat yang
mencerminkan budaya orang indonesia, walaupun dia orang luar negeri akan tetapi
dia menyukai budaya indonesia. Program acara Santap lahap ini tidak hanya
menayangkan kuliner daerah saja namun juga budaya-budaya daerah, sehingga
pemirsa tidak hanya mendapat reverensi kuliner daerah namun juga
kebudayaan-kebudayaan daerah. Program
acara ini dibuat sama pada tiga minggu berturut-turut dan pada minggu keempat
akan dibuat berbeda dari ketiga minggu tersebut karena pada minggu keempat akan
dibuat berbeda. Program acara ini berdurasi 60 menit, dimulai dari jam 08.00
WIB sampai dengan 09.00 WIB.
Berikut adalah nama acara
dan deskripsi Program Santap Lahap yang rencananya akan ditayangkan dari minggu
ke minggu:
Minggu 1,2,3 : Santap Lahap “Just
Walking”
Pada
Mingu pertama, Minggu kedua dan Miggu ketiga ini program acara santap lahap
akan menyajikan acara Khusus kuliner tradisional yang sudah mulai tergeser oleh
kuliner modern, dalam acara ini host akan jalan-jalan mencari kuliner-kuliner
daerah dan dari beberapa kuliner tersebut penjualnya akan diajak untuk memasak
di dapur Santap Lahap pada minggu keempat.
Minggu Keempat : Santap Lahap “Go To
Kitchen"
Segmen
Santap Lahap minggu terakhir akan memberikan acara yang berbeda dari minggu
pertama, kedua dan ketiga karena pada segmen di minggu keempat ini akan
menampilkan para penjual makan tradisional untuk memasak di dapur Santap Lahap.
Dengan berkumpulnya para penjual makanan tradisonal ini bisa mengetahui resep
rahasia dari para penjual makanan tradisional tersebut, dan pemirsa juga bisa
membuatnya dirumah.
BAB
III
ANALISIS DATA
A.
Metodologi
Metodologi yang
dilakukan dalam membuat progam acara televisi ini adalah dengan
melakukan pembagian kuisioner yang dilakukan di SMP N 7 Surakarta,
acara arisan, kumpulan ibu-ibu.
B.
Metode Penelitian
Metode penelitian
yang digunakan adalah dengan pembagian Kuisioner berisi tentang stasiun Televisi apa yang sering dilihat, acara apa yang
ditunggu-tunggu ketika melihat
televisi, pendapat tentang program acara tentang kuliner, progam kuliner yang disukai, yang
diinginkan dari program
acara kuliner, tema
kuliner yang paling disukai, seberapa sering dan jam berapa
biasa menonton televisi, durasi acara kuliner
serta prosentase acara kuliner yang diinginkan.
C. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini
dilakukan di depan SMP Negeri 7
Surakarta yangdiberikan kepada murid dan guru. Penelitian di SMP N 7 Surakarta
ini dilakukan pada tanggal 12 Januari 2016. Penelitian selanjutnya di lakukan
di acara arisan ibu-ibu kampung Cengklik RW.20 yang diadakan pada tanggal 15
Januari 2016.
D. Penentuan Sample
Pembagian kuisioner
dilakukan dilakukan di lembaga pendidikan dan di
perkumpulan ibu-ibu, yaitu di SMP N 7 Surakarta sebanyak ( 10 orang ), di
arisan ibu-ibu sebanyak ( 25 orang ) dan diacara perkumpulan ibu-ibu ( 15 orang
) .
E. Target
Audience
Target audience program acara Santap Lahai ini adalah ibu-ibu
25-60 Tahun.
F.
Hasil Kuisioner
G.
Rekapitulasi Kuisioner
KRITERIA
|
SUB KRITERIA
|
JUMLAH
|
JENIS KELAMIN
|
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
|
12
38
|
USIA
|
12-24 tahun
25-40 tahun
41-60 tahun
>60 tahun
|
15
10
23
2
|
PEKERJAAN
|
PELAJAR
SWASTA
LAIN-LAIN
|
10
28
11
|
Profil Responden
Tanggapan Responden terhadap program acara Santap Lahap
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Pesentase
|
Kategori
|
1
|
Apakah anda sering
melihat televisi ?
|
- Tidak
-Jarang
-Sering
-Sering Sekali
|
-
11
26
13
|
-
22 %
52 %
26 %
|
Sering
52
%
|
2
|
Apakah chanel televisi yang sering
Anda lihat ?
|
-RCTI
-SCTV
-ANTV
-TRANS
|
15
10
14
11
|
30 %
20 %
28 %
22 %
|
RCTI
30
%
|
3
|
Kapan
biasanya Anda melihat televisi ?
|
-Pagi
-Siang
-Sore
-Malam
|
13
9
12
16
|
26 %
18 %
24 %
32 %
|
Malam
32
%
|
4
|
Seberapa
sering Anda melihat televisi dalam seminggu ??
|
-Setiap Hari
-Satu Kali
-Dua Kali
-Tidak Pernah
|
29
3
18
-
|
58 %
6 %
36 %
-
|
Setiap
Hari
58 %
|
5
|
Apakah
acara televisi yang sering Anda lihat ?
|
-Kuliner
-Infotimen
-Sinetron
-Musik
|
17
8
16
9
|
34 %
16 %
32 %
18 %
|
Kuliner
34
%
|
6
|
Apakah
anda menyukai acara kuliner ?
|
-Suka
-Sangat suka
-Tidak suka
-Sangat tidak suka
|
29
18
2
1
|
58 %
36 %
4 %
2 %
|
Suka
58
%
|
7
|
Jenis
kuliner apa yang anda sukai ?
|
-Western food
-Chaines food
-Tradisional Food
-Japanis food
|
5
6
32
7
|
10 %
12 %
64 %
14 %
|
Tradisional
Food
64
%
|
8
|
Menurut
anda bagaimana dengan perkembangan acara kuliner saat ini ?
|
-Suka
-Tidak suka
-Sangat suka
-Biasa
|
17
30
2
1
|
34 %
60 %
4 %
2 %
|
Tidak
Suka
60
%
|
9
|
Apa yang
menarik dari acara kuliner yang sering anda lihat saat ini ?
|
-Host
-Kuliner
-Tempat acara
-Format acara
|
7
29
9
5
|
14 %
58 %
18 %
10 %
|
Kuliner
58
%
|
10
|
Apakah
Anda menyukai kuliner luar negeri ?
|
-Suka
-Tidak
suka
-Sangat
suka
-Biasa
|
14
20
6
10
|
28 %
40 %
12 %
20 %
|
Tidak
Suka
40
%
|
11
|
Bagaimana
menurut anda dengan acara kuliner daerah ?
|
-Setuju
-Sangat
setuju
-Tidak
setuju
-Sangat
tidak setuju
|
18
32
-
-
|
36
64
-
-
|
Sangat
Setuju
64
%
|
12
|
Host
warga negara mana yang anda sukai ?
|
-WNA
-WNI
-Blasteran
-Lain-lain
|
3
45
2
-
|
6 %
90 %
4 %
-
|
WNI
90
%
|
13
|
Apakah
anda menyukai Host Warga negara asing
|
- Suka
-Tidak suka
-Sangat suka
-Biasa
|
11
21
3
15
|
22 %
42 %
6 %
30 %
|
Tidak Suka
42
%
|
14
|
Bagaimana
tipe Host yang anda suka ?
|
-Humoris
-Tampan
-Blak-blakan
-Serius
|
14
12
8
16
|
28 %
24 %
16 %
32 %
|
Serius
32
%
|
15
|
Menurut
anda kapan waktu yangtepat untuk acara kuliner pagi ?
|
-Senin-Jumat
-Sabtu-Minggu
-Setiap
Hari
-Seminggu
Sekali
|
10
20
11
9
|
20 %
40 %
22 %
18 %
|
Sabtu-Minggu
40
%
|
16
|
Berapa
durasi yang anda ininkan untuk program acara kuliner daerah ?
|
30 menit
-1 jam
-2 jam
->2
jam
|
13
31
4
2
|
26 %
62 %
8 %
4 %
|
1
Jam
62
%
|
17
|
Menurut
anda pukul berapa acara kuliner daerahtayang ?
|
-08.00-09.00
WIB
-12.00-13.00
WIB
-16.00-17.00
WIB
->17.00
WIB
|
20
9
12
9
|
40 %
18 %
24 %
18 %
|
08.00-09.00
40
%
|
18
|
Program
kuliner apa yang anda sukai ?
|
-Master
Chef
-Farah
Queen
-Hell’s
Kitchen
-Dapur
Mama Seru
|
11
11
6
22
|
22 %
22 %
12 %
44 %
|
Dapur
Mama Seru
44
%
|
H.
Informasi Demografi
1.
Nama :
2.
Alamat :
3.
Usia
:
a.
13
– 15 tahun d.
22 – 24 tahun
b.
16
– 18 tahun e.
25 tahun
c.
17
– 21 tahun
4.
Pekerjaan :
a.
Pelajar/Mahasiswa d.
Wirausaha
b.
PNS e.
Lain - lain
c.
Pegawai
Swasta
I.
Pembahasan
Kuisoner atau yang sering disebut dengan angket adalah
daftar pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan hasil tentang apa yang
disukai responden maupun yang tidak disukai responden, sehingga kita mendapat
data dari para responden. Responden tidak perlu bingung untuk menjawab karena
di dalam angket akan di berikan pilihan jawaban, Pertanyaan yang diberikan juga
mengerucut ( dari pertanyaan umum hingga pertanyaan yang khusus/ menjurus
kepada apa yang akan kita inginkan).Kuisoner atau angket ini dapat disebar di
sekolah, jalan, acara arisan, kampus, dll sesuai dengan apa yang akan
diteliti,sebelum menyebarkan angket kita harus membuat daftar pertanyaan yang
sedemikain rupa sehingga responden tidak sulit untuk mengerti maksud dari
kuisoner dan responden dapat menjawab dengan mudah, selain itu sebelum disebar sebaiknya
kuisoner di periksa kembali sehingga tidak terjadi kesalahan saat kuisoner
disebarkan.
Santap Lahap adalah program acara dengan segmentasi
ibu-ibu yang akan menampilkan kuliner daerah yang kini mulai tergeser dengan
kuliner luar negeri. Dalam program acara Santap Lahap ini akan diadakan empat
segmen dalam satu bulan, yaitu pada minggu satu, dua dan tiga akan memberikan
segmen tentang Just Walking, yaitu host akan jalan-jalan dan meliput
kuliner-kuliner daerah yang masih bertahan dalam persaingan dengan kuliner luar
negeri. Dalam segmen Go To Kitchen ini akan diadakan pada minggu terakhir,
yaitu akan menampilkan koki dari pedagang yang dijumpai host pada segmen Just
Walking, Namun karena hasil angket yang diambil dari responden kurang berhasil
maka akan dibenahi yaitu dengan 2 segmen dalam satu minggu, pada hari sabtu
yaitu segmen Just Walking, Host jalan-jalan menuju kliner daerah yang masih
bertahan dan pada segmen berikutnya yaitu segmen Go To Kitchen yang akan ditayangkan
pada hari minggu yang akan menampilkan pedagang yang dijumpai pada segmen Just
Walking untuk diajak lomba memasak di dapur Santap Lahap.
Host
yang ditampilkan yaitu warga negara asing ( WNA ) yang tinggal menetap di
indonesia dan menyukai kebudayaan dan kuliner daerah indonesia, namun karena
minat responden lebih kepada WNI, maka host nya akan diganti dengan warga
indonesia yang menyukai kebudayaan indonesia.
Perubahan acara yang dilakukan diatas berdasarkan
quisoner ( angket ) yang telah disebar, pada program acara kuliner daerah ini
terjadi beberapa perubahan agar acara yang kita buat dapat diminati oleh
kalayak dan dapat bertahan diantara program acara lain yang sama, dari angket
tersebut kita bisa mengetahui sukses tidaknya program acara yang kita
tayangkan. Hal ini terbukti bahwa Riset Khalayak sangat dibutuhkan baik pada
media televisi maupun radio, agar mereka dapat menayangkan acara yang sesuai
dengan minat khalayak.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah :
1) Kuisoner atau yang sering disebut dengan angket adalah
daftar pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan hasil tentang apa yang
disukai responden maupun yang tidak disukai responden, sehingga kita mendapat
data dari para responden. Angket dapat disebar disekolah, dijalan-jalan, di
acra arisan, dd, sebelum menyebarvkuisoner kita harus membuat daftar pertanyaan
yang sedemikian rupa sehingga responden tidak kesulitan saat menjawab.
sebelum disebar sebaiknya kuisoner di periksa kembali sehingga tidak
terjadi kesalahan saat kuisoner disebarkan.
2) Santap Lahap merupakan program acara yang segmentasinya
ibu-ibu 25-60 tahun, memberikan informasi tentang kuliner daerah yang kini
mulai tersingkir oleh kuliner-kuliner luar negeri.
B.
Saran
1)
Sebelum menayangkan
acara sebaiknya Stasiun televisi mengadakan riset khalayak untuk mengertahui
apa yang diingikan oleh khalayak sehingg saat program acara tersebut
ditayangkan dapat bertahan dan bersaing dengan program acara lain yang sama,
karena sukses tidaknya suatu program acara ditentukan oleh banyak tidaknyaminat
khalayak untuk melihatnya dan menjadikannya tayangan favoritnya.
2)
Kurangnya acara
untuk Kuliner Daerah dan banyaknya tayangan program acara kuliner luar negri,
seharusnya menjadikan stasiun televisi lebih peka untuk menayangkan acara Kuliner
daerah sehingga para ibu-ibu mendapatkan tayangan yang menarik dari tayangan
acara kuliner daerah tersebut.
terima kasih atas contoh nya :)
BalasHapus