Rabu, 03 Februari 2016

PROPOSAl RISET KHALAYAK PROGRAM ACARA TV "SANTAP LAHAP" DI SURAKARTA



PROPOSAL RISET KHALAYAK
PROGRAM ACARA TV “SANTAP LAHAP”
DI SURAKARTA




 







Laporan ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Riset Khalayak
Dosen Pengampu : Markus Utomo S, M.I.Kom

Di susun oleh :
Fitri Septiyan Ratnasari                        (C13030)
Feri Yadi Pratama                                 (C13024)






POLITEKNIK IND¥NUSA SURAKARTA
2016



BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Televisi saat ini adalah sarana elektronik yang paling digemari dan dicari orang. Untuk mendapatkan televisi tidak lagi sesusah zaman dahulu di mana perangkat komunikasi ini adalah barang yang langka dan hanya kalangan tertentu yang sanggup memilikinya. Saat ini televisi telah menjangkau lebih dari 90% penduduk di negara berkembang. Televisi yang dulu mungkin hanya menjadi konsumsi kalangan dan umur tertentu, saat ini bisa dinikmati dan sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan tanpa batasan usia. Siaran-siaran televisi akan memanjakan orang-orang pada saat luang seperti saat liburan, sehabis bekerja, bahkan dalam suasana sedang bekerjapun orang-orang masih menyempatkan diri untuk menonton televisi. Suguhan acara yang variatif dan menarik membuat orang tersanjung untuk meluangkan waktunya duduk di depan televisi. Namun, di balik itu semua dengan dan tanpa disadari televisi telah memberikan banyak pengaruh negatif dalam kehidupan manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Kita harus berhati-hati sebab televisi selain bisa menjadi teman yang baik, bisa juga menjadi musuh yang menghanyutkan. Dalam sebuah survei yang dilakukan lebih dari setengah anak-anak di AS mempunyai televisi di kamar mereka. Usia remaja paling banyak menonton televisi di kamar dan hampir sepertiga anak-anak pra sekolah mempunyai televisi di kamar mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton televisi. Televisi juga mempunyai dampak negative dalam bidang kuliner, seiring banyaknya televisi yang menyiarkan berita tentang kuliner manca negara seperti: Ala Chef, Master Chef, Hell’s Kitchen beberapa acara tersebut menyiarkan berita tentang kuliner manca negara sehingga kini kuliner daerah mulai tersisihkan.
       Analisis SWOT meliputi pengaruh factor internal dan eksternal bagi stasiun televisi. Faktor internal terdiri dari dari Strength dan Weakness, sedangkan factor eksternal terdiri dari Opportunities dan Threath. Berikut ini adalah analisis SWOT dari Santap Lahap:.



-            Strength (Kekuatan)
Acara ini mengusung tema kuliner tradisional, minimnya penjual makanan tradisional membuat makanan tradisional semakin diminati, bahkan orang rela antri berjam-jam untuk membelinya.

-            Weakness (Kelemahan)
Semakin menjamurnya makanan luar negeri seperti hot dog, burger, kebab yang kini mudah ditemukan dipinggir-pinggir jalan dan harganya juga terjangkau oleh masyarakat.

-            Opportunities (Peluang)
Acara ini merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan referensi bagi peminat kuliner tradisonal, yang notabennya kuliner daerah kini mulai susah ditemukan.
-            Threath (Ancaman)
Acara ini bukan satu-satunya acara kuliner televisi, masih banyak acara-acara kuliner yang menghadirkan menu daerah seperti wisata yang menggandeng host bondan, dan acara kuliner yang menggandeng host orang luar negeri dan acaranya pun kuliner luar negeri.



  1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka kelompok kami membuat perumusan masalah “Bagaimana mengemas progam acara Televisi agar menarik untuk ditonton oleh masyarakat solo?”
           
C.    Pembatasan Masalah
Santap lahap, acara kuliner daerah.

  1. Tujuan Progam Acara
Tujuan dibuatnya progam acara televisi dengan tema Kuliner Daerah ini adalah untuk mengangkat kuliner di daerah-daerah khususnya di solo dan memberi reverensi kuliner bagi masyarakat solo.




  1. Manfaat Program Acara
1.      Manfaat bagi Produser
·         Produser televisi dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama perkuliahan di Politeknik Indonusa Surakarta.
·         Produser televisi dapat memberikan acara televisi yang bermanfaat bagi penonton
2.      Manfaat bagi Penonton
·         Penonton televisi dapat melihat acara televisi yang bermanfaat
·         Penonton dapat mengetahui referansi kuliner daerah.

  1. Deskripsi Progam
1.      Format Progam                 : Acara Kuliner Tradisional
2.      Judul                                 : Santap Lahap
3.      Target Audience               : Masyarakat Solo ( ibu-ibu usia: 25-60 tahun )
4.      Status Ekonomi Sosial      : Semua Kalangan
5.      Jam Tayang                       :  08.00-09.00WIB



BAB II
DESKRIPSI PROGRAM ACARA

A.      Deskripsi Program Acara Santap Lahap
Santap Lahap merupakan program acara televisi yang menayangkan kuliner daerah yang mulai tergeser oleh kuliner luar negeri. Dalam satu bulan terdapat empat minggu, program acara ini dibuat seminggu sekali setiap hari Minggu.Program acara ini akan menampilkan host orang luar negeri yang berdomisili diindonesia dan mencintai produk indonesia termasuk kuliner daerah, tidak hanya itu host juga akan menggunakan pakaian adat yang mencerminkan budaya orang indonesia, walaupun dia orang luar negeri akan tetapi dia menyukai budaya indonesia. Program acara Santap lahap ini tidak hanya menayangkan kuliner daerah saja namun juga budaya-budaya daerah, sehingga pemirsa tidak hanya mendapat reverensi kuliner daerah namun juga kebudayaan-kebudayaan daerah.  Program acara ini dibuat sama pada tiga minggu berturut-turut dan pada minggu keempat akan dibuat berbeda dari ketiga minggu tersebut karena pada minggu keempat akan dibuat berbeda. Program acara ini berdurasi 60 menit, dimulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB.
Berikut adalah nama acara dan deskripsi Program Santap Lahap yang rencananya akan ditayangkan dari minggu ke minggu:

Minggu 1,2,3 : Santap Lahap “Just Walking”
Pada Mingu pertama, Minggu kedua dan Miggu ketiga ini program acara santap lahap akan menyajikan acara Khusus kuliner tradisional yang sudah mulai tergeser oleh kuliner modern, dalam acara ini host akan jalan-jalan mencari kuliner-kuliner daerah dan dari beberapa kuliner tersebut penjualnya akan diajak untuk memasak di dapur Santap Lahap pada minggu keempat.



Minggu Keempat : Santap Lahap “Go To Kitchen"
Segmen Santap Lahap minggu terakhir akan memberikan acara yang berbeda dari minggu pertama, kedua dan ketiga karena pada segmen di minggu keempat ini akan menampilkan para penjual makan tradisional untuk memasak di dapur Santap Lahap. Dengan berkumpulnya para penjual makanan tradisonal ini bisa mengetahui resep rahasia dari para penjual makanan tradisional tersebut, dan pemirsa juga bisa membuatnya dirumah.




BAB III
ANALISIS DATA

A.      Metodologi
Metodologi yang dilakukan dalam membuat progam acara televisi ini adalah dengan melakukan pembagian kuisioner yang dilakukan di SMP N 7 Surakarta, acara arisan, kumpulan ibu-ibu.

B.       Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pembagian Kuisioner berisi tentang stasiun Televisi apa yang sering dilihat, acara apa yang ditunggu-tunggu ketika melihat televisi, pendapat tentang program acara tentang kuliner, progam kuliner yang disukai, yang diinginkan dari program acara kuliner, tema kuliner yang paling disukai, seberapa sering dan jam berapa biasa menonton televisi, durasi acara kuliner  serta  prosentase acara kuliner yang diinginkan.

C.      Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di depan SMP Negeri 7 Surakarta yangdiberikan kepada murid dan guru. Penelitian di SMP N 7 Surakarta ini dilakukan pada tanggal 12 Januari 2016. Penelitian selanjutnya di lakukan di acara arisan ibu-ibu kampung Cengklik RW.20 yang diadakan pada tanggal 15 Januari 2016.

D.      Penentuan Sample
Pembagian kuisioner dilakukan dilakukan di lembaga pendidikan dan di perkumpulan ibu-ibu, yaitu di SMP N 7 Surakarta sebanyak ( 10 orang ), di arisan ibu-ibu sebanyak ( 25 orang ) dan diacara perkumpulan ibu-ibu ( 15 orang ) .


E.       Target Audience
Target audience program acara Santap Lahai ini adalah ibu-ibu
25-60 Tahun.
F.       Hasil Kuisioner









G.      Rekapitulasi Kuisioner
KRITERIA
SUB KRITERIA
JUMLAH
JENIS KELAMIN
LAKI-LAKI

PEREMPUAN
12

38
USIA

12-24  tahun
25-40  tahun
41-60 tahun
>60 tahun
15
10
23
2
PEKERJAAN
PELAJAR
SWASTA
LAIN-LAIN
10
28
11
Profil Responden



Tanggapan Responden terhadap program acara Santap Lahap
NO
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah
Pesentase
Kategori
1
Apakah anda sering melihat televisi ?
- Tidak
-Jarang
-Sering
-Sering Sekali
-
11
26
13
-
22 %
52 %
26 %


Sering
52 %
2
Apakah chanel televisi yang sering Anda lihat ?
-RCTI
-SCTV
-ANTV
-TRANS
15
10
14
11
30 %
20 %
28 %
22 %


RCTI
30 %
3
Kapan biasanya Anda melihat televisi ?
-Pagi
-Siang
-Sore
-Malam
13
9
12
16
26 %
18 %
24 %
32 %


Malam
32 %
4
Seberapa sering Anda melihat televisi dalam seminggu ??
-Setiap Hari
-Satu Kali
-Dua Kali
-Tidak Pernah
29
3
18
-
58 %
6 %
36 %
-


Setiap Hari
58 %
5
Apakah acara televisi yang sering Anda lihat ?

-Kuliner
-Infotimen
-Sinetron
-Musik
17
8
16
9

34 %
16 %
32 %
18 %



Kuliner
34 %
6
Apakah anda menyukai acara kuliner ?
-Suka
-Sangat suka
-Tidak suka
-Sangat tidak suka
29
18
2
1
58 %
36 %
4 %
2 %


Suka
58 %
7
Jenis kuliner apa yang anda sukai ?

-Western food
-Chaines food
-Tradisional Food
-Japanis food
5
6
32
7
10 %
12 %
64 %
14 %


Tradisional Food
64 %
8
Menurut anda bagaimana dengan perkembangan acara kuliner saat ini ?
-Suka
-Tidak suka
-Sangat suka
-Biasa
17
30
2
1
34 %
60 %
4 %
2 %



Tidak Suka
60 %
9
Apa yang menarik dari acara kuliner yang sering anda lihat saat ini ?
-Host
-Kuliner
-Tempat acara
-Format acara
7
29
9
5
14 %
58 %
18 %
10 %



Kuliner
58 %
10
Apakah Anda menyukai kuliner luar negeri ?
-Suka
-Tidak suka
-Sangat suka
-Biasa
14
20
6
10
28 %
40 %
12 %
20 %


Tidak Suka
40 %
11
Bagaimana menurut anda dengan acara kuliner daerah ?
-Setuju
-Sangat setuju
-Tidak setuju
-Sangat tidak setuju

18
32
-
-
36
64
-
-


Sangat
Setuju
64 %
12
Host warga negara mana yang anda sukai ?
-WNA
-WNI
-Blasteran
-Lain-lain
3
45
2
-
6 %
90 %
4 %
-


WNI
90 %
13
Apakah anda menyukai Host Warga negara asing
- Suka
-Tidak suka
-Sangat suka
-Biasa


11
21
3
15
22 %
42 %
6 %
30 %


Tidak Suka
42 %
14
Bagaimana tipe Host yang anda suka ?
-Humoris
-Tampan
-Blak-blakan
-Serius
14
12
8
16
28 %
24 %
16 %
32 %


Serius
32 %
15
Menurut anda kapan waktu yangtepat untuk acara kuliner pagi ?
-Senin-Jumat
-Sabtu-Minggu
-Setiap Hari
-Seminggu Sekali
10
20
11
9
20 %
40 %
22 %
18 %


Sabtu-Minggu
40 %
16
Berapa durasi yang anda ininkan untuk program acara kuliner daerah ?
30 menit
-1 jam
-2 jam
->2 jam
13
31
4
2
26 %
62 %
8 %
4 %



1 Jam
62 %
17
Menurut anda pukul berapa acara kuliner daerahtayang ?
-08.00-09.00 WIB
-12.00-13.00 WIB
-16.00-17.00 WIB
->17.00 WIB
20
9
12
9
40 %
18 %
24 %
18 %


08.00-09.00
40 %
18
Program kuliner apa yang anda sukai ?
-Master Chef
-Farah Queen
-Hell’s Kitchen
-Dapur Mama Seru
11
11
6
22
22 %
22 %
12 %
44 %

Dapur Mama Seru
44 %

H.      Informasi Demografi
1.    Nama   :
2.    Alamat :
3.    Usia     :
a.    13 – 15 tahun                                              d. 22 – 24 tahun
b.    16 – 18 tahun                                              e. 25 tahun
c.    17 – 21 tahun

4.    Pekerjaan :
a.    Pelajar/Mahasiswa                                      d. Wirausaha
b.    PNS                                                                        e. Lain - lain
c.    Pegawai Swasta

I.         Pembahasan
Kuisoner atau yang sering disebut dengan angket adalah daftar pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan hasil tentang apa yang disukai responden maupun yang tidak disukai responden, sehingga kita mendapat data dari para responden. Responden tidak perlu bingung untuk menjawab karena di dalam angket akan di berikan pilihan jawaban, Pertanyaan yang diberikan juga mengerucut ( dari pertanyaan umum hingga pertanyaan yang khusus/ menjurus kepada apa yang akan kita inginkan).Kuisoner atau angket ini dapat disebar di sekolah, jalan, acara arisan, kampus, dll sesuai dengan apa yang akan diteliti,sebelum menyebarkan angket kita harus membuat daftar pertanyaan yang sedemikain rupa sehingga responden tidak sulit untuk mengerti maksud dari kuisoner dan responden dapat menjawab dengan  mudah, selain itu sebelum disebar sebaiknya kuisoner di periksa kembali sehingga tidak terjadi kesalahan saat kuisoner disebarkan.
Santap Lahap adalah program acara dengan segmentasi ibu-ibu yang akan menampilkan kuliner daerah yang kini mulai tergeser dengan kuliner luar negeri. Dalam program acara Santap Lahap ini akan diadakan empat segmen dalam satu bulan, yaitu pada minggu satu, dua dan tiga akan memberikan segmen tentang Just Walking, yaitu host akan jalan-jalan dan meliput kuliner-kuliner daerah yang masih bertahan dalam persaingan dengan kuliner luar negeri. Dalam segmen Go To Kitchen ini akan diadakan pada minggu terakhir, yaitu akan menampilkan koki dari pedagang yang dijumpai host pada segmen Just Walking, Namun karena hasil angket yang diambil dari responden kurang berhasil maka akan dibenahi yaitu dengan 2 segmen dalam satu minggu, pada hari sabtu yaitu segmen Just Walking, Host jalan-jalan menuju kliner daerah yang masih bertahan dan pada segmen berikutnya yaitu segmen Go To Kitchen yang akan ditayangkan pada hari minggu yang akan menampilkan pedagang yang dijumpai pada segmen Just Walking untuk diajak lomba memasak di dapur  Santap Lahap.
            Host yang ditampilkan yaitu warga negara asing ( WNA ) yang tinggal menetap di indonesia dan menyukai kebudayaan dan kuliner daerah indonesia, namun karena minat responden lebih kepada WNI, maka host nya akan diganti dengan warga indonesia yang menyukai kebudayaan indonesia.

Perubahan acara yang dilakukan diatas berdasarkan quisoner ( angket ) yang telah disebar, pada program acara kuliner daerah ini terjadi beberapa perubahan agar acara yang kita buat dapat diminati oleh kalayak dan dapat bertahan diantara program acara lain yang sama, dari angket tersebut kita bisa mengetahui sukses tidaknya program acara yang kita tayangkan. Hal ini terbukti bahwa Riset Khalayak sangat dibutuhkan baik pada media televisi maupun radio, agar mereka dapat menayangkan acara yang sesuai dengan minat khalayak.














BAB IV
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah :
1)      Kuisoner atau yang sering disebut dengan angket adalah daftar pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan hasil tentang apa yang disukai responden maupun yang tidak disukai responden, sehingga kita mendapat data dari para responden. Angket dapat disebar disekolah, dijalan-jalan, di acra arisan, dd, sebelum menyebarvkuisoner kita harus membuat daftar pertanyaan yang sedemikian rupa sehingga responden tidak kesulitan saat menjawab.
sebelum disebar sebaiknya kuisoner di periksa kembali sehingga tidak terjadi kesalahan saat kuisoner disebarkan.

2)      Santap Lahap merupakan program acara yang segmentasinya ibu-ibu 25-60 tahun, memberikan informasi tentang kuliner daerah yang kini mulai tersingkir oleh kuliner-kuliner luar negeri.

B.       Saran
1)   Sebelum menayangkan acara sebaiknya Stasiun televisi mengadakan riset khalayak untuk mengertahui apa yang diingikan oleh khalayak sehingg saat program acara tersebut ditayangkan dapat bertahan dan bersaing dengan program acara lain yang sama, karena sukses tidaknya suatu program acara ditentukan oleh banyak tidaknyaminat khalayak untuk melihatnya dan menjadikannya tayangan favoritnya.

2)   Kurangnya acara untuk Kuliner Daerah dan banyaknya tayangan program acara kuliner luar negri, seharusnya menjadikan stasiun televisi lebih peka untuk menayangkan acara Kuliner daerah sehingga para ibu-ibu mendapatkan tayangan yang menarik dari tayangan acara kuliner daerah tersebut.


1 komentar:

 
cemplonjalanjalan Blogger Template by Ipietoon Blogger Template